Tragedi Sebuah Baud Roda


Copot Roda Sepatu Safety

Mengencangkan roda mobil setelah dilepas, itu lebih mantap dengan diinjak. Bahkan sampai berdiri satu kaki di kunci roda, dijamin kencang dan aman………. Eits tunggu dulu, cara semacam itu untuk ban Truk atau Bus. Untuk mobil dengan baut ukuran 20-22 cukup diinjak seperlunya. Atau bahkan untuk baut roda berukuran dibawah 20 misalnya 17, cukup pakai tangan saja. Atau anda akan kena masalah nantinya.

Baut Roda

Baut kencang itu memang perlu, namun perlu diingat kalo terlalu kencang baud akan rusak, pojok-pojoknya termakan. Akhirnya ketika mencopot ban, apalagi keadaan darurat seperti bocor ban di tengah daerah sepi, kita akan bertambah masalahnya.

Seperti yang baru saya alami, ban belakang kiri tiba-tiba meletus, ganti ban sudah biasa, namun ketika mengendorkan salah satu baud, ternyata 2 kunci yang saya punyai tidak bisa mengatasinya, baut sudah hampir bulat. Untung tak jauh dari situ ada tukang tambal ban, bisa memanfaatkan jasanya untuk melepas satu baud ini, dengan kunci sok 17. Kebetulan saya punya baud roda cadangan yang sayangnya saya menyepelekannya untuk tidak mengganti semuanya.

kunci L untuk roda

Kayaknya perlu juga nih kunci sok bertangkai panjang semacam ini

Kata tukang tambal ban dan orang di toko ban :“baut 17 (ban kecil) nggak usah diinjak mas, cukup pakai tangan sampai sudah nggak muter lagi, aman”

Pesan moral :

  • baud roda ukuran kecil (dan ban kecil) tidak perlu diinjak untuk mengencangannya
  • periksa rutin kondisi baud roda
  • beli baud roda cadangan
  • beluu baud roda yang bagus, biasanya harganya lebih mahal, dan biasanya lebih keras
  • sediakan peralatan yang memadai di mobil

Terkait

Iklan

14 respons untuk ‘Tragedi Sebuah Baud Roda

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s