Miyabi, Pendek Tapi Mantap


Panther Miyabi 01

Di bengkel langganan, tampak mobil legendaris, Isuzu Panther. Cuma yang ini agak tidak biasa, karena sasisnya pendek. Bodynya jadi lebih mirip SUV daripada MPV, ditambah lagi dengan ground clereance tinggi dan ban besar. Nggak kalah sama Vitara di jamannya. Kalo tidak salah yang seperti ini dikenal dengan nama Panther Miyabi.

Panther Miyabi 02

Rupanya mobil ini juga menggendong ban cadangannya, benar-benar serasa SUV.

Panther Miyabi sendiri termasuk salah satu tipe dari Panther generasi pertama, antara tahun 1991-1992. Ciri khasnya adalah sasis yang pendek itu tadi. Dan sepertinya populasinya tidaklah terlalu banyak. Yang ini sendiri adalah Miyabi generasi terakhir, tahun 1996.

Kita intip dalemannya yuk…

Panther Miyabi 03

Dashboardnya sama dengan panther generasi awal yang lain, bahkan sepintas bentuknya sama dengan generasi kedua dan panther pickup generasi sekarang. Rem tangan masih model tarik-putar, menempel di dashboard.

Tempat duduk ada dua baris, muat 5 orang. Namun ternyata di ruang belakang ada dua buah kursi Face to face yang kecil, mirip dingklik. Jadi kalo mau mobil ini muat 7 orang.

Panther Miyabi 04

Fiturnya PS, PW, CL, sudah cukup komplit dan modern untuk mobil non sedan pada waktu itu. Bandingkan dengan kijang kotak yang masih setia dengan jendela gesernya di baris kedua.

Panther Miyabi 05

Kita cari tahu apa kelebihan dan kekurangan mobil tua ini:

  • Kata orang bengkel, mobil ini mesinnya bandel, asal dirawat dengan normal.
  • Bahan Bakar irit, ini yang selalu disebut ketika menyebut Panther = irit sesusi dengan iklannya yang cring cring cring.
  • Fitrunya tadi yang lumayan lengkap (PS, PW, CL dll)
  • Gagah serasa SUV

Kelemahannya diantaranya:

  • Bearing roda cepat rusak, karena ukuran bearing terlalu kecil dan harus mendukung roda yang besar.
  • Panther tahun tua pada umunya bermasalah transmisinya, bisa perpindahan gigi sulit atau suka netral sendiri.
  • Mobil diesel getarannya lebih besar daripada mobi bensin, apalagi yang sudah berumur.

Miyabi ini masih buatan karoseri, biasanya dempulannya tebal. Dan disarankan jika meminang Miyabi, cari yang keluaran karoseri ASTRA/TOTAL ASSY. Tips lain adalah kalibrasi injektor agar mesin menjadi enak kembali.

Oh ya untuk harga pasaran, miyabi ini berkisar 40 jutaan.

23 respons untuk ‘Miyabi, Pendek Tapi Mantap

  1. Generasi ada yang 97-98,mesin udah diesel 2500cc direction ijection namanya miyabi konde…karena bam belakang ngumpet di belakang pintu,lampu depan sama grill pakai punya sedan mercedes benz..,tapi itu edisi terakhir miyabi,dimensi kecil sangat peraktis masuk garasi.

    Suka

Tinggalkan komentar