Seteleh membaca atikel di blog kang Tofik yang membahas tentang Kawasaki Edge terutama perdebatan tentang dudukan shockbreaker Kawasaki ZX 130.
Dimulai dari koment nomer 13 dan seterusnya, intinya membahas tentang desain yang unik dari dudukan Shockbreaker tersebut. Saya jadi penasaran, ada apa sebenarnya. Akhirnya mau tak mau hunting untuk sekedar melihat dudukan shockbreaker Kawasaki ZX 130. Jujur memang sulit menemukan motor tersebut di sekitar kantor.
Setelah ketemu ternyata begini :
Dalam hati bertanya tanya juga. kenapa juga desainnya demikian. Apa ada kesalahan desain terus di koreksi ya, hanya Kawasaki yang tahu. Tapi biasanya yang agak dekat dengan KMI adalah Cak Giri, bisakah mencari tahu cak?
Untung juga agak tertutup knalpot, jadi tidak terlalu jelas terlihat. Orang yang tidak mengamati dengan seksama dan dalam tempo yang lama, ke sana pasti tidak tahu.
Jadi ingat waktu mengamati swing arm Suzuki New Shogun 110 milik teman, dibagian sebelah kiri. Ada lekukan seperti bekas terbentur. Ternyata hal tersebut juga ditemui di motor lain, bahkan Shogun 110 kebo juga demikian. Berarti memang bawaan pabrik
Arm sebelah kiri
Pasti ada fungsi dari “keanehan-keanehan” tersebut, tanyaken ke RnD saja.
Kemarin sewaktu membaca artikel di blog bro Innori yang mengatakan
Sekarang perhatikan swing arm vixi dari belakang, no comment deh bentuknya
Jadi penasaran lagi, untungnya motor ini buanyaaaaaaaaaaaaak. jadi gampang. Hehehheheh…ternyata arm Vixion sebelah kiri membelok lebih dulu ke dalam, sedangkan yang kanan membeloknya seteleh mendekati porosnya. Sebenarnya tidak masalah mengenai hal itu, soalnya dari samping juga nggak kelihatan.
Bandingkan dengan motor di bawah ini, yang jelas-jelas yang kanan beda ama yang kiri, malah banyak yang niru dan jadi trend
Kanan (pisang)
Kiri (lurus)
Wah saia malah baru nyadar bro kalo FXR pisangnya cuman sebelah kanan 😯
untuk vixi selain seperti yang bro bilang, saya kurang suka ama ujung swing armnya itu, bentuknya U tiduran, beda ama motor sport lain yg rata2 persegi
SukaSuka
kanan-dan kiri nggak singnkron>.> pasti ada maksut dan tujuannya
dan secara ilmu enjenering kayaknya sudah dihitung masak-masak
SukaSuka
@shoguner
Hehe emang beda motornya. Kebetulan posting dari warnet jadi asal comot aja.
SukaSuka
Btw mau nanya itu FXR Atas sama bawah sama gak motornya ? Soalnya fairingnya juga belang, yang atas pisah antara fairing lampu dan dibawah mesin yang satu lagi Fairingnya nyambung
SukaSuka
@j.a
Lha mintane ciu,yo ra sadar2 to. Mabuk teruss.hehehe
SukaSuka
wah…saya tidak sadar sama sekali…
SukaSuka
mau tanya kabel gas fxr bsa di ganti pake kbel gas ap ya???truss mau tanya kalau knalpot keluar asapnya itu yang rusak apa nya?terus harus ganti brapa?dan harganya brpa?
SukaSuka
masalah motor ya tanya pada ahlinya, mas Imam: http://bengkelsepedamotor.wordpress.com/
SukaSuka
sama aja kayaknya
SukaSuka
bner bgt tuh .. kalo soal bahas kawasaki zx emang spertiya ada ksalahan design apa aada drahasia lg ya dibalik itu semua
SukaSuka
mungkin desain swing arm “unbalanced” dibikin supaya motornya jadi “balanced” alias stabil :Dz
SukaSuka
FXR punya adik gw ga kaya gitu. kanan kiri banana. beneran banana. yg dibawah itu udah modif banyak buntut belakang juga modif.
yang aneh di FXR bodi samping kanan ada lubang kotak (ga tau fungsinya apa) yang kiri ga ada.
SukaSuka
justru yg ada adalah Kawasaki ZX-130 adalah motor BEBEK PALING STABIL yg pernah ada dibandingkan merek2 yg lain…!!
klo ada yg meragukan, paling dia nggk pernah ngerasain ZX-130….
jd mnurut ane, design tsb mmng sdh diukur oleh designer kawasaki, apalagi tangki ZX ada d depan jd butuh prhitungan yg beda dgn bebek umumnya…
SukaSuka
Konon karena posisi tangki motor yang enggak di tengah (agak ke kiri)….
SukaSuka
pengalama di motor pibadi, thunder 125, desain arm memang simetris, tapi kalo liat dudukan shock atas di rangka, yang bagian kiri lebih nyembul keluar, jadi celah antara shock sama rangka beda, yang kanan mepet yang kiri agak keluar, padahal arm lurus & simetris sama rangka…
SukaSuka
Pengamatan yg bagus…..ayo kang teruskan !!!
SukaSuka
mau tau kenapa?
itu ditujukan untuk memberi ruang bagi gir belakang.
karena gir ada di kiri jadi swing arm itu pasti miring kiri.
coba lihat arm CBR lawas (150cc) paling mutlak miringnya.
yg sama/simetris ada juga seperti thunder, tiger, megapro dkk. tapi tetep aja, dudukan sok belakang dan poros swing arm agak ke kiri.
tetep aja miring.
itulah tujuan utamanya, yaitu sebagai pemberi ruang untuk gir belakang bersemayam. walaupun ada juga motor yg center karena ada bushing di sebelah kanan poros rodanya
SukaDisukai oleh 1 orang