Timing belt putus! Apakah yang akan terjadi? Yang jelas mobil nggak bisa jalan. Lalu mesinnya rusak dan harus diganti part-partnya dengan harga yang lumayan menguras kantong. Gambarannya seperti di bawah ini:
Pertama adalah klep tak punya pegangan lagi, bebas bergerak, bisa menabrak piston atau sesam klep, tergantung konfigurasinya. Klep mengalami patah atau bengkok yang keduanya menyebabkan klep hanya bisa jadi besi tua. Ada piston yang tanpa coakan, ada juga yang datar, nah yang datar ini bisa tertabrak klep, dan sekali lagi tak bisa digunakan.
Kita hitung kasar berapa pengeluaran ketika ini terjadi:
- Timing belt : 200.000 – 300.000-an
- Klep : 40.000 x 3 x 4 = 480.000 ~ 500.000-an (belum lagi kalo mobilnya 16 valve)
- Paking : 400.000-an
- Ring seher : 350.000-an x 4 ~1.500.000
- Seher : 300.000-an
- Lain-lain pluas Biaya bengkel : 1.000.000-an
Total 4 jutaan, itu hitungan sangat kasar, kurang dari itu masih mungkin, namun kemungkinan besar malah lebih. Jadi untuk preventif, untuk mobil second apalagi sudah berumur, anggarkan 1 jutaan untuk cek kondisi timing belt. Karena putusnya timing belt, tidak didahului oleh tanda-tanda, harus diamati secara visual. Karenanya, setiap artikel tips mencari mobil bekas, pasti disarankan ada anggaran untuk cek dan penggantian timing belt.
Atau untuk keamanan, pilihlah mobil dengan timing chain. Memang walau rantai, tapi masih memungkinkan untuk putus, namun rantai akan mengalami kendor dulu seiring pemakaian, dan ketika kendor gejalanya bisa dideteksi. Untuk mobil bekas yang menggunakan timing chain bisa disimak di SINI
wugh… luarang yo…
SukaSuka
Mahal juga ya ongkosnya!!
Lagi heboh!! Pebasket Daniel Wenas ajak Anggita Sari jadi teman tidur http://tinyurl.com/j5cgfvr
SukaSuka
Ongkosnya serasa gajian.. Rutin Maintenance ato dompet jebol
SukaSuka
Aku suka Mazda Baby Boomer. Itu sama kayak MR-90 atau pakai timing belt ya, pakde?
SukaSuka