Turun mesin separo adalah istilah untuk membongkar mesin mobil terutama bagian silinder, namun tidak semua bagian silinder, hanya kop silinder ke atas. Jadi Camshaft, klep dan rocker arm (SOHC) diturunkan sementara boring silinder dan piston tetap ditempatnya.
Kapan saat nya turun mesin separuh? Kita kutip tulisan Om Hidir Wiguna dari Dzebrakusers berikut:
Turun mesin diperlukan ketika:
- Knalpot mengeluarkan asap akibat seal klep sudah keras dan getas sehingga klep tidak bisa membuka atau atau menutup dengan baik
- Kalau usai mobil anda sudah 15 atau 20 tahun dan tidak tahu sejarah nya pemakaian oli dan air pendingin.
- Air radiator selalu berkurang setelah perjalanan normal yg diakibatkan oleh paking yg sudah keropos.
Apa saja yg kudu dilakukan?
- Penggantian packing silinder head
- Pengantian seal klep
- Skur klep
Apa Manfaat nya ?
- Membersihkan kerak di silinder head dan klep
- Kompresi mesin akan kembali mendekati normal
- Tenaga dan Fc akan pulih mendekati normal
Kenapa setelah turun separuh jadi overheat ?
- Pemakaian sealant yg berlebih dan gak pas, sehingga sealen rontok masuk ke saluran pendingin
- Pengencangan baud silinder yg tidak menggunakan kunci momen atau kunci beban, sehingga permukaan silinder dan paking tidak rata.
Jika ada kasus silinder kop sudah melenting/tidak rata sekalian dilakukan pembubutan untuk meratakannya. Dan jika pembubutan silinder ini agak banyak, agar kompresi mesin tidak terlalu tinggi maka perlu penambahan packing silinder head
- Cuma “Main Mata” Mobil Ini Bikin Pangling
- Mobil Siaga Desa, Ide Sosial Yang Patut Dicontoh
- Kupas Tuntas Fungsi Pengapian Espass, Oleh Hidir Wiguna
- Mobil Tua Bisa Lari Berapa?
- When Green Meet Green
- [Daihatsu Espass] Kuras Radiator Oleh Hidir Wiguna
- Good Bye Midori
- [Daihatsu Espass] Kupas Tuntas Overheat ( Bagian 2 ) Oleh Hidir Wiguna
- [Daihatsu Espass] Kupas Tuntas Overheat ( Bagian 1 ) Oleh Hidir Wiguna
- Espass Vs Futura 2
- Begini Kalo Avanza Nubruk Espass
- Overheat Karena Nipple Bermasalah
- Espass Vs Futura, Pilih Mana? (1)
- Iklan Mobil, Yen Isine Ngene Njur Piye Jal?
- Pedal Rem Ngempos, Waspada Oli Bocor
- [Daihatsu Espass] Solusi Overheat Yang Lain
- Penyebab Lain Mobil Susah Distarter
- Waspada Overheat Setelah Ganti Paking
- Air Radiator Terlalu Cepat Berkurang, Waspadai Hal Ini
- Talang Air Luxio
Ngeriii …
https://nofgipiston.wordpress.com/2015/09/03/wajar-jika-honda-sonic-150-mampu-kalahkan-satria-fu-150-maupun-mx-king-150/
SukaSuka
espas bokap kemarin turun mesin separuh gini mas…karena silinder kop tidak rata dan akhirnya dibubut…gejala awal mesin sering overheat,sudah servis radiator tapi tetep temperatur suka naik.
SukaSuka
Sama pernah seperti itu
SukaSuka
Ckckckckckc
https://ru88ercookie.wordpress.com/2015/09/03/loh-google-ganti-logo-ya/
SukaSuka
siapkan dana lebih
http://orongorong.com/2015/09/03/diam-diam-kmi-jual-kawasaki-ninja-rr-mono-abs-livery-wsbk/
SukaSuka
horor, mainteance kudu rutin, dompet kudu ready..
SukaSuka
resiko
SukaSuka