Melanjutkan Part 1 dimana Espass unggul dibanding Futura dari sisi fitur dan penampilan. Dari sisi yang lain bagimana?
Performa
Kapasitas mesin sama, ambil yang sama-sama 1300 cc. Menurut pengalaman, presneling Espass nafasnya pendek, jadi tiap giginya itu rentangnya tidak jauh. Gigi 1 tidak bisa dipakai lama-lama, karena rpm pasti cepat teriak. Begitupun seterusnya sampai gigi 4 baru enak di jalanan kota. Mungkin efeknya jadi ieit bensin karene putaran mesin tetap terjaga. Espass juga bisa diajak ngebut, dari pengalaman teman grup, sering pamer topspeed di tol sampai hampir mentok jarum speedometer. Namun ketika masuk jalan desa dimana torsi lebih dibutuhkan, Espass agak kurang nyaman karena mesti sering pindah gigi 1 dan 2 ketika menemui tanjakan curam.
Futura nafasnya lumayan panjang, lebih enak baik di jalanan kota mapun desa. Di tanjakan curam juga enak karena gigi 1 dan 2 bisa dipakai agak lama tanpa takut rpm cepat naik.
Kalo adu cepat, membaca-baca artikel sepertinya Espass lebih unggul dariapda Futura. Namun untuk pemakaian harian, karakter Futura lebih enak dan luas pemakaiannya.
Durabilitas
Durabilitas dibaca saja seperti istilah umum sebagai “kebandelan”. Sudah banyak yang tahu bahwa material mesin Espass lebih pendek masa pakaianya karena mayoritas bermaterial Aluminium. Sedangkan Futura berbahan besi sehingga daya tahannya tinggi. Mungkin karena hal ini harga bekas Futura lebih mahal daripada Espass.
Jadi pilih penampilan, performa, kenyamanan atau keawetan. Yang jelas Espass sudah tamat 10 tahun yang lalu. Sedangkan Futura masih eksis sampai sekarang.
- Sama-sama Tua, Harus Kerjasama
- Logo Motuba
- Fitur Kijang Super Yang Bikin Deg-degan
- Bangga Dengan Mobil Lawas
- Balada Mobil Tua, Panas Panik, Dingin Juga Was-was
- Xabre Vs Motuba, Curhatan Bapak-bapak (Setengah) Muda
- Spooring Mobil Itu Tidak Mahal
- Sein Di Spion Forsa GL, Bisa
- Pria Yang Memelihara Mobil Tua Itu Tipe Setia
- Nasib Lampu Motuba, Sering Tidak Dianggap
- Cuma “Main Mata” Mobil Ini Bikin Pangling
- Mobil Siaga Desa, Ide Sosial Yang Patut Dicontoh
- Kupas Tuntas Fungsi Pengapian Espass, Oleh Hidir Wiguna
- Mobil Tua Bisa Lari Berapa?
- When Green Meet Green
- [Daihatsu Espass] Kuras Radiator Oleh Hidir Wiguna
- Good Bye Midori
- [Daihatsu Espass] Kupas Tuntas Overheat ( Bagian 2 ) Oleh Hidir Wiguna
- [Daihatsu Espass] Kupas Tuntas Overheat ( Bagian 1 ) Oleh Hidir Wiguna
- Espass Vs Futura 2
pengen minang motuba kang?
SukaSuka
o gitu ya…
http://setia1heri.com/2015/01/06/curcol-kawan-biker-jakarta-untuk-pak-gubernur-ahok-terkait-pembatasan-akses-sepeda-motor-surat-terbuka/
SukaSuka
belum pernah nyobain nyetir daihatsu espass gimana rasanya ya. kalo daihatsu hijet 1000 dulu pernah lumayan enak mantap
SukaSuka
ya setir udah miring kayak mobil sekarang, cuma pas puter balik atau keluar parkiri miring itu berat… lengan kiri jadi kekar
SukaSuka
Sering weruh’e espass
SukaSuka
dah pernah punya espass kurang lebih 1 tahun…gara2 gak ada PS nya setiap pulang dari jalan2 kepala pusing karena tenaga habis biat muter setir…..huffff. tapi klo di tol gak kalah sama yang muda2 wus wusss….penampilan juga gak jadul2 amat. tapi sekarang dah di jual..gak kuat sama pusingnnya heheheh
SukaSuka
mosok sampe pusing
SukaSuka