Impresi 1000 Km Shell AX7 Di Jupiter MX


Shell AX7 telah saya gunakan di Jupiter MX. Dan telah menempuh jarak total kurang lebih 1000 km. Motor saya gunakan untuk harian menempuh jarak rutin sekitar 10-15km per hari. Kecuali Sabtu dan Minggu motor biasanya banyak nganggurnya. Kecepatan rata-rata 50-60 km/jam dengan kecepatan maksimal 80 km/jam.

Ada yang mengeluh katanya oli ini mudah menguap sehingga perlu sering-sering di cek kondisinya melalui dipstick.

Namun yang saya dapati sepertinya ketinggian oli tidak berubah drastis. Masih di batasan normal, bahkan terlihat tidak berkurang.

Yang saya rasakan adalah bahwa dengan oli ini:

  • Akselerasi meningkat (tanpa data, namun dengan feeling, perubahan kecepatan dicapai lebih cepeat).
  • Bunyi krek..krek di tarikan awal berkurang (sebelunya kalo baru mau jalan ada bunyi seperti mobil presnelingnya ketinggian).

Tentang topspeed tidak saya perhatikan, karena semenjak menggunakan oli ini tidak pernah jalan jauh, hanya dalam kota. Namun sepertinya tidak berpengaruh, karena kondisi motor dan rider tidak mengalami perubahan. Topspeed akan meningkat ketika saya mengganti bahan bakar dengan Pertamax.

Mencapai 1000 km ini memang performa turun, namun tidak separah Yamalube yang sudah sangat kasar di mesin.

Karena statusnya masih masa transisi dari oli sebelumnya (Yamalube), bisa jadi keunggulan Shell AX7 ini belum meuncul semua, karena masih tercampur dengan sedikit sisa-ssia oli lama. Ketika ganti oli saya tidak ganti filternya.

Iklan

31 respons untuk ‘Impresi 1000 Km Shell AX7 Di Jupiter MX

  1. ax-pitu masih jaso MA (satu). satu tingkat dibawah enduro 4t racing sae 10w-40 jaso MA2 (dua) api service SL. enduro 4t racing terbuat dari base oil full group III (synthetic) atau bahan oli synthetic berkualitas tinggi yang tertinggi di kelasnya. Sangat sesuai bagi motor-motor produk terbaru yang telah menerapkan sistem pendingin radiator. Memiliki kemampuan anti slip kopling sehingga bisa digunakan untuk balap ataupun pemakaian sehari-hari. Terbukti menjadikan tarikan mesin lebih enteng & hemat dalam mengkonsumsi bbm.
    *sales mode on

    Suka

    1. betul…sayangnya gak seterkenal brand2 luar…padahal produk bagus…coba nyeponsori gresini atau monster tech3 pasti beda ceritanya 😀 😀 😀

      Suka

  2. Cobain motul h-tech 4t kang….klo mau lbh enak lg…beda tipis aja..dulu make 5100 tp skrg mahal..
    Motul htech lbh alus dan adem drpd ax7 tp sedikit dbawah motul 5100
    udah api sl dan 100% syn..tp jgn dsamakan full syn shell ultra atau full syg double ester 300v
    Ane rekomend h-tech kang…make mpe 3000km performanya berkurang dikkit dan pnguapan sangat2 minim

    Test bed :
    Honda cs1 ane 😀

    Suka

  3. 1. Motor Vixion: Pake oli mesin Enduro Racing 10-40w (kurang enak tarikannya+agak berat, daya tahan tdk tahu), pake Yamalube 20-40w (lbh responsif tarikannya, daya tahan tdk tahu)
    2. Alfa 2 tak: Pake oli mesin Yamalube 20-50w (tarikan agak berat), Pake Enduro 15-50w (tarikan lumayan responsif)

    Suka

  4. Sudah 1 bulan terakhir sy uring2an cari oli yg plg mantaf buat mx kesayangan ane. Gak perduli buang uang agak lebih kali ini demi kepuasan pribadi. Pertama ane coba shell ax 7, pake CUMA 2 HARI ANE BUANG! Suara ngorok muncul lagi, trs perpindahan transmisi agak keras/kasar, sering nyangkut dari gigi 2 turun ke 1. Akselerasi biasa aja & top speed agak lambat dapetnya. Trs yg kedua ane isi REPSOL 15-50, bunyi ngorok tetep, perpindahan agak lebih halus dikit, turun gigi 2 ke 1 gak nyangkut, aksel biasa aja. Biasanya ane pake ENDURO RACING 10-40, udah wangi di mesin (awal2 doang sih), transmisi super halus, bunyi ngorok ilang 75%, gak pernah nyangkut bro! Aksel & top speed lumayan deh. Castrol power one 10-40,ampir sama ama repsol cuma utk aksel & top speed MANTAF! pernah nyoba jg top1 & yamalube, cm dah gak inget data2nya dah kelamaan. Catatan utk masing2 produk sy isi 900ml di bak oli + ganti filter oli. Jadi biarpun bnyk org2/mekanik2 blg oli ‘cap kerang’ bgs utk mesin tapi gw tetep lebih cinta ama enduro racing bro! Pilihan di tangan agan, mana yg cocok dgn motor agan tinggak tuang aja, cocok2an sih gan! Spt cari pacar! 😉

    Suka

  5. ingat pula untuk pilihan konsumsi BBM, seharusnya JUPI MX wajib pakai BBM ber Oktan (RON)92 keatas, sbb produk AX7 di khususkan formulasi additive nya bukan BBM yg berTIMBAL (unleaded), sedang kalo mau pakai PreMIUM (bertimbal – LEADED) anda seharusnya PaKai SHELL S4 secara API service nya di bawah SJ, dengan kekentalan 20W50 namun kandungan additive untuk BBM yg mengandung LEAD (TIMBAL) — ini SepeLe : namun biasa lepas dari pengamatan. — semoga membantu.

    Suka

  6. aku pke oli shell ax7 rute 110 km per hari PP. kcepatn luar kota 80km/jam. ganti oli stiap 1500 km ( 2 minggu). tarikan kencang tapi swara mesin keras di > 60-80km/jam. Motorku jup Mx 2012. Harga oli shell 1 ltr 47 ribu.

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s