Kawasaki Athlete, Menurut Saya


Ketika di Cikarang, saya dibonceng motor yang dari modelnya terkenal dengan nama Ayam Jago, yaitu Kawasaki Athlete. Motor yang masih kerabat Ninja ini sebenarnya cukup gagah dan terlihat sporty.

Shark And Athlete

Saya yang waktu itu sekedar dibonceng Bro Ishak a ka Shark memang belum pernah mencoba test riding. Namun karena petama kali menaikinya (walaupun cuma dibonceng), jadi ingin sedikit mereview, menurut versi saya tentunya.

Mengenai Ayam Jago ini, berikut pendapat pribadi saya:

Kelebihan:

Ayam Jago.

Dari dulu saya suka model ayam jago. Sejak tiap hari lihat Yamaha Champ sepulang sekolah di tahun 1993. Suzuki juga ada varian Sprinter. Namun kenapa ya model seperti ini dianggap aneh dan kurang diterima. Ketika AHM sempat merilis Nice 110, Nice 125 dan Nova Sonic saya berharap model ini akan menjadi trend baru dan suatu saat saya bisa membelinya. Oh iya ATPM lain juga ada Suzuki Raider 125 serta RK Cool serta tidak mau ketinggalan Yamaha Tiara. Semua motor itu ternyata tidak laris.  Baru setelah Satria Fu 150 meluncur barulah model ini diterima. Athlete menyusul kemudian sebagai alternatif.

Fitur.

Penggunaan double dick brake menambah sisi keamanan. Apalagi dengan bentuk cakram yang bergelombang, cukup mendongkrak penampilan.

Penggunaan velg CW 5 palang dengan bentuk yang unik.

Kaki-kaki kokoh dengan swing arm besar dibelakang dan fork depan yang juga nampak besar. Swing arm belakng juga ditambah dengan stabilizer.Baut pengikat gear belakang yang berjumlah 6 buah yang diklaim Setara Sport. Stang model clip-on (jepit) juga mempuyai nilai lebih.

gear athlete from otomotifnet

Penempatan tangki bahan bahan bakar memungkinkan penempatan bagasi di bawah jok, cukup fungsional.

Yang paling extra ordinary adalah penggunaan Monoshock horizontal, seperti yang digunakan di Moge ER-6n

Secara total, body Kawasaki Athlete ini terlihat sangat kokoh. Apalagi rangka pipanya telihat dari luar, seolah menunjukkan ototnya.

Tentang mesin 125 cc horizontal sepertinya cukup bertenaga untuk sebuah motor bebek walaupun ber-aura sport. Mesin yang dipakai setipe dengan Blitz Joy, Kawasaki Kaze 125 serta Kawasaki Kaze Zone. Mesin Kawasaki cukup dipercaya kualitasnya.

Kekurangan

Lampu Depan terlalu luas area transparan dan silvernya, sehingga terkesan botak. Seandainya lampu depan dibuat lebih sipit pasti akah lebih gahar.

Lampu Belakang terlalu besar dan lebar, jika dibikin lebih sempit pasti lebih sporty

Kopling setrifugal dan perpindahan gigi model bebek, seharusnya dari penampilannya yang sporty itu fitur transmisi diperbaiki agak cocok. Banyak yang bilang tanggung, bebek sport kok koplingnya. sentrifugal.

Tidak ada indikator bensin, hanya diganti dengan lampu berwarna orange. Juga kalo bisa ditambah tacho-meter biar lebih tacho eh macho.

Panel taken from iwanbanaran.wordpress.com

Kunci kontak belum mengunakan kunci magnetis, mengurangi faktor keamanan.

Stang balancer, yang digunakan sekarang adalah material plastik seperti yang digunakan Jupiter Z.

Demikian review subyektif dari saya.

61 respons untuk ‘Kawasaki Athlete, Menurut Saya

  1. tetep aja kalo gitu suzuki satria……… seng ada lawan……….. athlete nanggung…….

    Suka

  2. @Dani
    bedo lah sama CS1…bedo kelas, wkwkwkwk…
    saya pernah pake 2-2nya. Pengendaraan athlete cenderung bungkuk, stang lebih sempit, mirip sama naik satria FU. beda power sama persneling aja. torsinya IMO kurang gede…boncengan trus liwat poldur ngangkate lama, ky naik shogun 110. karakter overbore
    CS1 lebih tegak & stang lebar, rasane turing banget. torsi kalah sama MX, tp nek udah rpm menengah keatas lagi keliatan galaknya. lewat poldur rada terobati sama kopling manual

    Suka

  3. bagus kok bodinya tp ya itu selera masing2..klo gak ada yg ngawali ‘dipandang aneh’ kya kawasaki, ntar desain motor ya gt2 aja, gak maju-maju hahaha

    Suka

  4. @maskur
    “Oh iya ATPM lain juga ada Suzuki Raider 125 serta RK Cool serta tidak mau ketinggalan Yamaha Tiara. Semua motor itu ternyata tidak laris.”
    …wah om adicuzzy sbg rider RK Cool pasti siap-siap tabung lpg 15kg buat dibledosin nih… 🙂 kaburrrrrrrrrrrrrrr

    Suka

    1. memang beda kelas dengan FU. Athlete ini alternatif bebek-sport. Btw untuk performa, kang Propus yang bisa cerita. Bro Shark lagi sibuk tampaknya

      Suka

  5. ❓ pelopor ayago modern mesin selonjor… ups, sudah ada nice ding…

    11. dnugros

    saya saudara [jauh banget] sama adicuzzy dengan ini mendukung sodara! hahaha…

    itu pakdhe, nasib moto2 zaman peralihan…. :mrgreen: in case supra xx juga termasuk di dalamnya… tegar! [:oops: ]

    Suka

  6. Dari samping terlihat keren ada coakan buat pamer rangka pipa dan monoshock, swing arm kelihatan kokoh. Head lampnya kayak head biksu tong :D. . .
    Mesinnya kok nggak ambil dari p135 aja ya 😀 . . .

    @nun0e #9,
    Perangkat kopling manualnya dijual terpisah sama dealer resmi.

    Suka

  7. fakta tersembunyi:
    pelek depan buatan enkei,pelek belakang buatan chemco(pabrik yg bikin kaliper set merek ‘nissin’ di indonesia)..
    Kawasaki jg sudah menyiapkan perangkat kopling manual lengkap sama bloknya,+/- 600rb rupiah…dalam iklannya,kebanyakan ridernya adalah wanita..

    Suka

  8. athlete itu bukan bebek ya? bedanya bebek dan ayam jago di mana ya? menurut saya ada di bentuk body-nya kalo ayam jago cenderung lebih tegak sementara athlete kelihatannya tidak tegak jadi lebih condong ke bebek.

    Suka

  9. @ Imam…
    iki jane sing nduwe blog sapeyan opo bagus sih, kabeh pertanyaan di lempar nyang abon…
    wes jan…
    Xixixixiiiii…
    aku jane yo durung pernah numpak sonik mulane takon, lha athlete ae durung pernah numpak, opo neh cs-1 blas durung pernah nyetir opo mung di bonceng yo durung…

    Suka

  10. Sonic sing asli akselerasi lebih galak dari CS1 mas. Kira2 2th kemarin teman saya yg di beres bw pulang sonic merah. Mbungkuk, iya…perasaan sih setange lebih lebar dari athlete, entah perasaan saja atau nggak,nggak pernah ngukur. sayang nyoba di kecepatan standar aja…wedi kenopo2, tibo ngijoli malah ciloko…onderdile jarang, kui yo motore customer meneh…sing genah sokbrekere atos 😆

    @1001
    bhuahahhhahhahah….

    Suka

  11. @ Abon asli eh sapi…
    jaman2e sonik booming aku mung iso nyawang mas, regane selangit gak mampu tuku… dadi durung pernah numpa’i…..

    Suka

  12. Ada jane motor yang (sakjane) pingin tak blandhangke tp gak wani. Honda Steed Springer. Lagi2 wedi nyenggol. jadi ya cuma ngegas lepas kopling trus ngerem lagi di plataran kantor aja…wong punya’e bossku.

    Suka

  13. @mas maskur :
    mas nek stahuku bedane bebek sama ayam jago beda jauh, bebek seneng di sungai, ayam jago seneng kluruk, trus warna bulune juga lain 😆 xixixi

    Suka

  14. Tret tetetetetetttttt…
    RK-Cool teko, sopo sing wani nyumet LPG mau???

    @dnugros
    Woooo, tak jurus seribu asap knalpot RK-Cool mengko

    @Alrozzi Coolrider
    Kudu membelaku lho mas, ra mbela tak DO dari klan coolrider lho…
    Xixixi :mrgreen:

    *RK-Cool gak laku karena cuma orang-orang tertentu aja yang patut numpak… :mrgreen:
    ngeles 😕

    Suka

    1. @Nuno 1001
      lha saya kan sekedar blogger sajalah, kalo ngereview cuma dari tampang luar
      yang berpengalaman ya Kang Bagus Propus Abon Sapi Compumoto itu
      aku sonic paling cuma nyentuh di parkiran
      @Kang Bagus Propus Abon Sapi Compumoto
      tuh kan, Sonic tahu. Raider pasti tau, juga FXR, CBR dll
      @Nurhidayat
      Pinter!
      Jawab langsung ke Ubay
      @Adicuzzy
      RK Cool tetanggaku di desa punya tuh. Yah motor di desa apalgi di gunung yaaaah buat angkut macem-macem
      kemarin mau tak foto dan interview dengan pemiliknya nggak ada waktu
      ya kadang buat angkut daun, katul dll
      ini asli..bukan mimpi…
      :mrgreen: 😎

      Suka

  15. Raider ra tau mas…RK Cool yo ra tau…nek satria jadul tau, hehehe. Jarang soale sing duwe Raider. FXR, CBR gak tau kabeh :mrgreen:ndeleng thok ning parkiran…

    Suka

  16. nggih mas
    @lordubay : mas nek stahuku bedane bebek sama ayam jago beda jauh, bebek seneng di sungai, ayam jago seneng kluruk, trus warna bulune juga lain 😆 xixixi

    Suka

  17. jebul ijik okeh yo jenis motor sing durung tak tumpai,
    opo neh motor2 jaman jahiliyah mau….
    aku eruh ae wes wedi mbyiyen opo neh numpa’i…..

    Suka

  18. kekurangan athlete lainnya adalah jahitan joknya mudah sobek. 2 athlete di kantor saya, sobek semua di jahitan joknya. Tepat dibelakang pantat pengendara. Kemungkinan karena bokong pengendaranya pada lancip2 hahahahaha.

    Suka

  19. ÖZKA LPG istanbul sancaktepe de
    ATİKER LOVATO WENTGAS GASİTALY FEMA NLP
    markaları ile 2008 den bu yana hizmet veren
    her üründe birebir parça değişim garantisi
    verebilen tek firmadır montaj yapılmış olan
    parçayı sorgusuz sualsiz tamir süresi vermeden
    anında yenisi ile değişir hemde hiçbir ücret almadan !!

    Suka

  20. kelemahan athlete dikedudukan segitiga komstir..,diameternya terlalu miring kedepan..,stir jd berat , ktika tikungan jarak belok terlalu jauh,(tes jln raya,sirkuit sentul),,,harusnya kedudukan segitiga komstir jgn terlalu miring kedepan untuk kenyamanan pengendara,,,? akibat kemiringan trsebut mngakibatkan aus pd komstir (sering rusak..) soalnya body sngat berat,,,beban tumpu gk balance di komstir…,gmn ni pabrikan so komentny? klo bs ad penarikan tarik d biar dibenahi..?

    Suka

    1. setuju sekali…. aq punya athlete dah sering ganti komstir, tapi tetap aja stir nya berat….. nyesel dah beli

      Suka

  21. MR otong
    ah nora diindonesia dah kebanykan motor jadi dah ga aneh lihat motor apa aja.. dari roda 2 sampe roda3. bagusan motor gw rodanya ada 1…plexsibel lagi..?? ga ada yang punya deh cuma orang sirkus aja yang punya,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,

    Suka

  22. setelah pake Athlete, begitu naik Shogun 110 lagi, rasanya rentag dan terlalu enteng setirnya……

    motor ini memang stabil, enak di putaran atas. Tapi putaran bawahnya kalem.

    Suka

Tinggalkan Balasan ke jahe erka Batalkan balasan